Jer Besuki Mowo Beong

21 Maret 2017

 

Assalamualaikum Beongerss…..

Langsung aja ya di mulai besuk tgl 22 s.d 24 Maret 2017 di Lapangan drh Soepardi Sawitan magelang akan di gelar Magelang Food Festival 2017….

 

Lapangan drh Soepardi lokasi di kelurangan Sawitan…. pas diantara deretan kantor Pemerintahan Kab Magelang di Kota Mungkid… lokasinya cukup mudah di capai kok… bila kamu dari Jogja terus saja ke arah Magelang… setelah Plang arah Borobudur …. ambil terus saja … ketika menemukan Lampu Merah berikutna bersiaplah ambil arah kiri….. terus saja kira-kira 8 Km … Plang Area Magelang Foodfest sudah terlihat….

 

Janjane sich…. acarnya buanyak sekali, hanya yang spesial buat saya adalah aneka masakan Ikan beong.. buat temen2 yang belum tahu ya…. Beong adalah sejenis ikan sungai nama lainnya bisa Ikan Bawung, Ikan Baong, Ikan baung , Ikan Senggal atau Ikan singgah…. nama terakhir asyilk..ya…. se ayikk kamu yang mau singgah di Blog ini…..

 

DI Magelang…. kuliner Ikan Beong sangat umum di masak dengan metode pengasapan… di sini dikenal sebagai olahan mangut… apa….. mangut….. jangan Cuma manggut-mangut ya…..

 

Mangut adalah metode pemasakan Ikan dengan cara di asap…… biasanya dalam penyajian di tambah kuah pedas bersantan…

 

Metode olahan pangan jenis inilah yang membuat Ikan Beong menemukan nilai jualnya….. makanya bila panjenengan melewati daerah sekitar Magelang.. terutama Magelang Kidul – sekitaran kec salaman, Borobudur, Mungkid- akan sangat mudah menemukan rumah makan dengan menu andalannya Mangut Beong….

 

Ikan Beong adalah Ikan asli sungai Elo dan sungai progo… karena besar secara alami dan tanpa campur tangan bahan sintetis buatan manusia.. Ikan ini sangat nikmat lho…. wujudnya mirip lele .. berkumis tapi lebih lembut dagingnya….. dan ga salah kalau saya memberinya label sebagai Ikan sungai utuh.. karena bila di masak lebih sering terlihat utuh dagingnya….

 

Sekali lagi.. agak sulit membuat anda percaya kalau hanya membacanya… ayo niatkan hati mencicipinya… kalau jalan-jalan ke Yogya biasanya kan Mampir ke Borobudur… nah bila lapar sudah mulai menerpa… hayo coba kuliner ini………  dijamin balik lagi….. apalagi kalau lupa membayar…………..

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *